Tips Merawat Sepatu

Jumat, 22 Februari 2013 | komentar (1)

Suka mengkoleksi berbagai jenis alas kaki? Atau mungkin tanpa niat mengkoleksipun, jumlah yang sudah kalian beli sudah memenuhi rak sepatu? Jangan hanya didiamkan aja, yuk dirawat! Selain sepatu jadi kinclong, sepatu kamu bakalan lebih awet. Saya suka sekali dengan sepatu, untuk itu saya mau berbagi beberapa cara merawat sepatu, disini mungkin nggak lengkap dengan berbagai material dan cara merawat sepatu. Hanya terbatas beberapa material saja yang saya punya dan bagikan.

1. Genuine Leather: sepatu kulit asli sebenarnya sudah cukup awet, namun nggak ada salahnya kan kalau dirawat. Biar makin awet. Kalau sepatu kulit kamu memiliki warna standar seperti hitam, cokelat atau putih mungkin anda masih bisa merawatnya dengan cara menyemirnya. Karena semir sepatu dengan ketiga warna tersebut tersedia di pasaran. Namun bagaimana dengan warna lain? Untuk sepatu kulit berwarna, sebaiknya dilap menggunakan lap setengah basah/ lembab yang didahului lap kering yang lembut. Biar debu yang menempel segera terhapus.

2. Faux Leather: sepatu berbahan kulit imitasi ini lumayan mudah loh dalam perawatannya. Cukup dilap dengan lap lembut kering saja, tapi jika ada sedikit kotoran membandel bisa digunakan lap agak basah dan sabun yang lembut. Usahakan jangan menggunakan deterjen.

3. Suede: bahan suede yang lebut ini biasanya diaplikasikan pada sepatu yang jarang digunakan atau digunakan pada kondisi tertentu, misalnya pesta. Agak susah dalam merawat sepatu ini, namun untuk perawatan rutinnya sikat menggunakan sikat yang lembut secara perlahan. Soalnya debu suka bersarang diempuknya permukaan suede.

4. Kanvas: sepatu dengan bahan kanvas yang diminati masyarakat ini sangat mudah merawatnya. Karena berbahan kuat, sepatu ini awet dan tahan lama meskipun dipakai berkali-kali. Solusi mudah dalam membersihkannya cukup dengan dicuci!

5. Plastik: sepatu yang nyaman digunakan ketika hujan ini cukup simpel dalam merawatnya. Lap bersih dengan kain setengah basah. Dijamin debu dan kotoran akan terhapus.

Dan jangan lupa dalam menyimpannya, usahakan didalam kardus yang disertai Silica Gel, selengkapnya bisa anda baca tips membeli sepatu baru. Sebelum dimasukkan kardus, bungkus dulu dengan kertas yang biasanya ada dalam paket pembelian. Fungsi dari kertas ini adalah agar menghalangi debu yang masuk kardus, biar nggak langsung nempel sama sepatunya. Dan silica gel berfungsi menyerap kelembaban, bila tidak ada silica gel bisa diganti dengan naphtalene ball/kapur barus. Selain iti bahan dari kulit lebih baik diangin-anginkan secara periodik.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Agustus 2013 14.42

Artikel yang menarik mas..
jadi sedikit lebih tau bahan2 sepatu dan perawatannya..

Jual macam macam jenis sepatu

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Datuk Jahid Jahim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger